Sosialisasi Pembentukan BPD Desa Pekalongan Masa Bhakti 2020 – 2026

Camat Winong, Sunaryo, SH,. MM dalam sambutanya.

Pekalongan.sideka.id – Bertempat di Balai Desa Pekalongan, Pemerintah Desa Pekalongan melaksanakan sosialisasi pembentukan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Pekalongan untuk masa bjakti 2020 – 2026, Rabu (12/02).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Winong Sunaryo, SH,.MM, Danramil 18/Winong Kapten Cba Indro Wharman, Kapolsek Winong Iptu Agung Suharyono, SH, Tim Pengawas Kecamatan Winong, Unsur Lembaga Kemasyarakatan, Ketua RT/RW, Tokoh Masyarakat serta Tokoh Agama Desa Pekalongan.

Camat Winong dalam sambutannya menyampaikan bahwa BPD adalah kepanjangan tangan dari Desa, sebagai pionir yang berkontribusi untuk membangun Desa. BPD juga diperlukan sebagai penyeimbang dalam proses pengambilan keputusan di tingkat Desa, seperti Peraturan Desa, Peraturan Kepala Desa dan Surat Keputusan Kepala Desa.

Peserta Musyawarah Sosialisasi Pengisian BPD Desa Pekalongan.

Sekretaris Camat Winong sebagai pemateri, menyampaikan tentang tata pelaksanaan dan persyarataan calon BPD sesuai dengan Peraturan Bupati Pati Nomor 55 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Pati Nomor 8 Tahun 2014 Tentang Badan Permusyawaratan Desa. Beliau juga menambahkan, untuk kuota pengisian BPD masing-masing Desa berbeda sesuai dengan jumlah penduduk yang ada, untuk penduduk sampai dengan 2.000 jiwa jumlah anggota BPD 5 orang, jumlah penduduk 2.001 sampai dengan 4.000 jiwa jumlah anggota BPD 7 orang, dan jumlah penduduk lebih dari 4.000 jumlah anggota BPD 9 orang. Dan kuota untuk tiap-tiap wilayah RW nanti akan dibahas lebih lanjut oleh Panitia.

Setelah diadakan sosialisasi terkai pengisian BPD, Kepala Desa membentuk kepanitiaan berdasarkan musyawarah yang terdiri dari beberapa unsur. Yaitu, unsur Perangkat Desa, Lembaga Kemasyarakatan dan Tokoh Masyarakat. Dengan kepanitian sebagai berikut :

Ketua Panitia                                       : Dhofir Maqosid, S.Ag., M.Pd.I

Sekretrais                                            : Faisal Akhyar

Bendahara                                          : Sholihah, S.Pd

Seksi-seksi

Seksi Penjaringan dan Penyaringan  :

  • Sholikhul Huda
  • Budi Santoso

Seksi Perlengkapan                            :

  • Imam Muttaqin, SH

Seksi Keamanan                                :

  • Yoso

Seksi Konsumsi                                  :

  • Sholihah
Kepala Desa Pekalongan, Ukhwatur Roi dalam sambutannya.

Panitia tersebut akan langsung mendapatakan Surat Keputusan Kepala Desa, agar dapat segera melaksanakan tugas. Kepala Desa Pekalongan, Ukhwatur Roi dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Desa Pekalongan berharap agar Panitia dapat melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya dan sejujur-jujurnya, tidak mementingkan pribadi maupun golongan sehingga nantinya terpilih anggota BPD yang benar-benar berkompeten bekerja dan dapat ikut berperan serta dalam pembangunan Desa Pekalongan kedepannya. Beliau juga menambahkan, sesuai dengan Perbup Kabupaten Pati Nomor 55 Tahun 2014 untuk kuota BPD di desa Pekalongan adalah 7 orang, karena penduduk desa Pekalongan di bawah 3.000 jiwa.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan