Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa Pekalongan Tahun 2019

PEKALONGAN (09/11/2018). Musrenbangdes (Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa) adalah Musyawarah perencanaan (program) yang dilaksanakan oleh pemerintah desa, bekerja sama dengan tokoh masyarakat dan para lembaga. Musyawarah ini  dihadiri dari Kecamatan Winong yang diwakili oleh Priyo Hariyono (Sekretaris Camat) dan Sukarman(Kasi PMD Kecamatan), juga perwakilan dari POLSEK, KORAMIL, dan Puskesamas. Musrenbang kali ini adalah kelanjutan dari penggalian gagasan dari setiap RT dan lembaga yang telah di laksanakan pemerintah desa  bersama BPD dan KPMD pada bulan lalu.

Musrenbang di hadiri oleh Lembaga dan tokoh masyarakat

Pada kesempatan tersebut, Kepala Desa menyampaikan dalam RKPDes yang perlu di usulkan tidak hanya pembangunan secara fisik, tapi pembangunan non-fisik juga sangat penting misalnya pemberdayaan masyarakat.  Dalam pemberdayaan masyarakat ini lembaga mempunyai peran sangat penting sesuai bidangnya masing-masing. Bahkan pemerintah desa siap memberi anggaran yang lebih besar dari tahun 2018, jika setiap lembaga mempunyai prrogram kerja yang bagus dan siap aktif dalam melaksanakan program kerjanya.

Untuk usulan pembangunan fisik, pemerintah desa mengacu pada usulan tahun 2018 yang belum terealisasi dan juga usulan dari hasi penggalian gagasan di setiap RT. Setelah itu usulan-usulan akan di kaji ulang oleh tim 11 yang di koordinatori oleh Sekretaris Desa untuk menentukan prioritas pembangunan dengan pertimbangan berbagai hal. Dan hasil keputusan tim 11 itulah yang nantinya akan jadi RKPDes, yang selanjutnya akan di susun menjadi APBDes oleh Pemerintah Desa.

semua elemen masyarakat yang di wakili ketua RT juga hadir dalam musrenbang.

“Tahun 2019 pembangunan fisik/infrastruktur di kurangi dan lebih di prioritaskan untuk pemberdayaan, misal dengan memberikan anggaran prioritas untuk BUMDes untuk meningkatan Penghasilan Asli Desa (PAD)”. tutur Priyo Haryono (Sekretaris Camat)

Dari hasil Musrenbang kali ini, kami berharap dapat memberikan hasil yang baik yang nantinya akan di jalankan dengan sebaik mungkin agar semua masyarakat dapat merasakan manfaatnya.

 

 

 

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan