Kelas Ibu Hamil, Sebagai Wujud Peran FKD Dalam Penurunan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi

Pekalongan.sideka.id – Dalam upaya mencegah Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) serta meningkatkan keterampilan ibu hamil dalam menjalani masa kehamilannya, Forum Kesehatan Desa atau yang biasa di singkat  dengan FKD desa Pekalongan memiliki kegiatan kelas ibu hamil di setiap bulan sekali. Kegiatan ini diharapkan sebagai salah satu kegiatan dalam pelayanan kepada masyarakat khususnya ibu hamil, agar selalu sehat dan selamat. Begitupun dengan bayi yang dikandungnya, sehingga keluarga akan menjadi keluarga yang sehat dan produktif.

Pemberian materi kepada ibu-ibu hamil. (Foto : Kader PKD)

Kelas ibu hamil disini dimaksudkan untuk peningkatan pengetahuan ibu hamil, merubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilannya, perubahan tubuh atau perubahan fisiologis dan cara penanganannya dan keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nifas, KB pasca persalinan, perawatan bayi baru lahir, mitos kepercayaan/adat istiadat setempat yang boleh diikuti ataupun yang sebaiknya dihindari, penyakit menular seksual dan akte kelahiran bagi bayinya.

Dalam kegiatan ini dilakukan pertemuan secara langsung atau tatap muka yang dikoordinir oleh bidan desa. Sehingga transfer ilmu pengetahuan berjalan dengan baik karena ada interaksi antar petugas kesehatan dengan ibu hamil pada saat pembahasan materi dilaksanakan.

Pemeriksaan gratis oleh Bidan desa (Foto : Kader FKD)

Bidan Desa Pekalongan Wenny Ria Apriani mengatakan “Sasaran dari kegiatan ini adalah semua ibu hamil yang ada di desa Pekalongan. Diharapkan semua ibu hamil bisa mengikuti kegiatan ini karena kegiatan ini dipandang sangat perlu baik itu bagi FKD maupun bagi masyarakat itu sendiri”.

“Kelas ibu hamil ini dilaksanakan setiap tanggal 8 , kegiatannya antara lain senam, pemberian materi, pemberian makanan tambahan, diskusi dan pemeriksaan gratis. Kegiatan ini juga bekerja sama denga Puskesmas 1 Winong”, tutupnya.

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan