Budaya Kerja Bakti, Bentuk Kehidupan Bersosial Masyarakat Desa Pekalongan

Pekalongan.sideka.id – Hari minggu atau libur dalam sebulan sekali sudah menjadi Rutinitas bagi masyarakat desa Pekalongan untuk kerja bakti di lingkungan sekitar rumah seperti membersihkan lingkungan, normalisasi selokan atau got,  dan fasilitas publik lainya. Tentunya kegiatan seperti ini sangat positif sehingga lingkungan menjadi bersih, sehat dan nyaman.

Minggu (03/02) adalah hari Minggu di awal bulan Februari yang di manfaatkan oleh masyarakat desa Pekalongan untuk melakukan kerja bakti di lingkungan masing-masing RT, ada yang di laksanakan pagi hari maupun sore hari.

Giat Kerja Bakti di RT 05 RW 02

Pada kerja bakti kali ini bebrapa RT terfokus pada normalisasi saluran air yang sering tersumbat bila hujan agar tidak menjadi penyebab banjir, ada juga yang merimbas pohon agar tidak mengganggu lalu lintas, membersihkan rumput-rumput di bahu jalan agar terlihat bersih dan rapi.

Menurut Kepala desa Pekalongan Ukhwatur Roi, S.Pd.I, “program yang di harapkan menjadi rutinitas ini dilaksanakan demi kenyamanan kita bersama selain itu kerja bakti  merupakan salah satu bentuk dari sosial bertetangga juga kepedulian yang bermanfaat demi kebersihan dan kesehatan lingkungan”, ujarnya.

Pemerintah Desa Pekalongan di setiap tahunya selalu mengadakan program Penghargaan Adipura dan Adipura Kencana tingkat desa Pekalongan. Yang menjadi target dari program tahunan yang sudah berjalan sejak tahun 2015 ini salah satu tujuanya adalah menjadikan desa Pekalongan yang bersih, sehat dan nyaman.

RT 02 RW 01, peraih penghargaan Adipuran Kencana Tahun 2018.

Program Adipura dan Adipura Kencana di tahun ini yang menjadi koordinator adalah FKD (Forum Kesehatan Desa), karenanya disetiap ada giat kerja bhakti di lingkungan RT kader FKD ikut memantau dan menjadi pelopor kegiatan tersebut. Kerja Bakti rutin setiap bulan tersebut juga menjadi dasar utama dalam penilaian Penghargaan Adipura dan Adipura Kencana.

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan