Antisipasi DBD, Forum Kesehatan Desa Pekalongan Gerakkan Pemberantasan Sarang Nyamuk

Pekalongan.sideka.id – Pada musim penghujan seperti ini ancaman penularan demam berdarah semakin tinggi, terlebih pada tahun ini merupakan siklus dua tahunan yang biasanya memang mengalami peningkatan. Siklus dua tahunan dan lima tahunan menjadi momok bagi masyarakat dalam menghindari terjangkitnya demam berdarah.

Seperti yang diungkapkan Bidan Desa Wenny Ria, dirinya mengatakan pencegahan dan penanggulangan jentik nyamuk yang paling efektif adalah dengan penerapan 3M plus. Yaitu Menguras dan menutup penampungan air dan mengubur barang bekas. Namun sebagian warga masih ada yang beranggapan dengan dilakukan fogging maka wilayah tersebut akan terbebas dari nyamuk, padahal jentik nyamuk tidak bisa diberantas dengan fogging. Karenanya warga diminta untuk berperang aktif dalam pemberantasan jentik nyamuk. Dan untuk saat ini, pihak Forum Kesehatan Desa juga sudah mengajukan program Fogging ke Puskesmas.

Kader Pemberantsan Sarang Nyamuk

Sabtu (26/01), Forum Kesehatan Desa melaksanakan Program abatesasi yang melibatkan kader Pemberantas Sarang Nyamuk (PSN) sebanyak 100 siswa dari SMK Al-Falah, MA Tarbiyatul Banin dan MA Darul Ma’la yang tersebar di seluruh desa Pekalongan.

Para kader ini mendatangi satu per satu rumah untuk melakulan pengecekan jentik pada bak mandi khususnya juga pada barang-barang yang menampung air, lalu pemberian bubuk abate yang teridentifikasi jentik.

Diharapkan kegiatan ini bisa memotivasi setiap desa untuk melakukaan pemberantasan sarang nyamuk.

(Fsl)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan